Politeknik Negeri Sriwijaya

Development Access Point systems

 

 

Dikarena kemajuan IT saat ini sangat pesat, kebutuhan akan koneksi Internet yang reliabel dan dengan layanan yang optimal sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan. POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA sebagai salah satu perguruan tinggi yang terkenal akan kualitas pendidikan dan para alumninya terkoneksi CIR 1:1 ke backbonne Internasional dan IIX melalui ELNUSnet sebesar 512 kbps. Untuk mendukung visi dari manajemen yaitu menjadi Cyber Campus dan memenuhi kebutuhan bandwidth Internet di daerah sekitar kapus POLTEK di Bukit Besar maka POLTEK dibantu dengan ELNUSnet membangun jaringan Akses Access Point.

 

The Problem :

Kebutuhan akan bandwidth yang besar yang dikalkulasikan dengan jumlah mahasiswa POLTEK yang haus akan informasi, maka POLTEK terkoneksi ke 512kbps melalui ELNUSnet. Dikarenakan tingginya akses di area kampus POLTEK dan menindaklanjuti tingginya permintaan bandwidth Internet yang murah dari para customer di sekitar area kampus dan juga koneksi ke rumah direktur, pembantu direktur dan beberapa staff dosen maka POLTEK membangun jaringan Access Point yang dibantu dengan tenaga ahli Wireless Connections dari ELNUSnet.

 

The Solution :

Koneksi ini biasa disebut point to multipoint (P2M), dimana satu titik dijadikan sebagai Access Point (AP) yang berada di kampus POLTEK Bukit Besar. Sedangkan di sisi para pelanggan disebut sebagai client. ELNUSnet menggunakan Koneksi AP ini dengan solusi dari SMARTBRIDGES, para engineer ELNUSnet yang telah berpengalaman dalam hal Wireless Connection memberikan solusi yang terbaik dan cost efisient kepada POLTEK, dengan spesifikasi dibawah ini;

Access Point + Antenna 120 degree

Sb 2510 Smartbridges Access Point Pro Outdoor 2.4GHz, 802.11b compatible, Outdoor, RADIUS Client, support P2P & P2M, 100mW, Jumper Cable 1 meter N-M to N-M, Lightning Arrester NM to NF, + Antenna 120 degree, Hyper Gain 20dBi 2.4GHz Sector Panel Antenna 120 Degree to N-Female

Client + Antena Patch Panel :

Smart bridges airBridge Indoor, Wireless Ethernet Client, 100 mW, detacheable

antenna, PoE, Reverse-SMA Female to Reverse-SMA Male Pigtail Cable 30 cm,

Pacific , Wireless RooTena 14dB 2.4GHz Patch Panel Antenna to SMA-F.

 

The Result :

Setelah Implementasi dilakukan saat ini dengan tower setinggi 50 meter akses Internet dapat dirasakan disetiap sudut kampus dan POLTEK dapat melayani beberapa customer yang berada di sekitar kampus.

 

Contact Person for furture information ;

Kepala UPT POLTEK NEGERI SRIWIJAYA

Bapak Yudi.ST.M.T.