Radio OZ FM

Development Acess Point Sectoral & Omni 2,4 ghz

 

 

Perkembangan IT saat ini telah merubah pola berpikir manusia, cepatnya informasi dan perubahan strategi harus dapat dilakukan oleh semua segi bisnis saat ini. RADIO OZ FM salah satu Radio Central Kawula Muda di kota palembang telah merasakan pentingnya jaringan Internet untuk mencari informasi dan berhubungan dengan dunia luar. Bekerjasama secara exclusive dengan pihak ELNUS untuk menyelenggarakan kegiatan talkshow IT, radio broadcasting, dan radio-learning yang pertama di palembang. Kebutuhan akan perkembangan di daerah sekitar radio OZ yang berlokasi di sekitar Kambang Ikan menjadikan tower yang ada setinggi 50 meter sangat strategis untuk menjangkau customer ELNUS.

 

The Problem :

Salah satu kelemahan dari Wireless Connection adalah harus LOS (Line Of Sight), dengan struktur geografis palembang yang fluktuatif dan tata kota yang kurang perencanaan, maka tower radio OZ FM sangat cocok dijadikan sebagai BTS untuk mengalirkan bandwidth ke customer lain yang berada di sekitar daerah tersebut. Customer tidak perlu lagi tower / tiang yang tinggi untuk terkoneksi lewat ELNUSnet.

 

The Solution :

Backbone dari ELNUSnet yang mengalir ke AP di tower Radio OZ menggunakan Motorola Subsriber Module (SM) dan dipecah ke AP Sectoral dan Antenna Omni. Pada awalnya terjadi inteferences antara RF siaran radio dan RF komunikasi data Internet, namun karena pengalaman yang panjang para engineer ELNUSnet dapat menemukan permasalahan UPDOWN dan ANOMALY dengan cepat, dan sampai saat ini permasalahan tidak timbul lagi. Solusi untuk AP sectoral menggunakan Motorola Canopy Access Point 2,4 Ghz, 10 Mbps, Outdoor, Integrated Antenna dan Solusi untuk Omni menggunakan antenna Hyper Gain 15 dBi, 2,4 ghz dan AP 2400 Smartbridges Airpoint Indoor.

 

The Result :

Ramuan antara sectoral dan Omni ini sangat tepat, dimana untuk customer yang menginginkan realibity koneksi sangat puas dengan solusi Motorolla, sedangkan customer home user cukup dengan solusi Omni. Sampai saat ini (02/2006) tercatat bandwidth yang mengalir ke AP tersebut mencapai 1,5 Mbps.

 

Contact Person for furture information ;

Manager Cabang Radio OZ Palembang

Syahril.SE.